Rabu, 12 Mei 2010

Subnetting




* Konsep Subnetting
Subnetting adalah termasuk materi yang banyak keluar di ujian CCNA dengan berbagai variasi soal. Juga menjadi momok bagi student atau instruktur yang sedang menyelesaikan kurikulum CCNA 1 program CNAP (Cisco Networking Academy Program). Untuk menjelaskan tentang subnetting, saya biasanya menggunakan beberapa ilustrasi dan analogi yang sudah kita kenal di sekitar kita. Artikel ini sengaja saya tulis untuk rekan-rekan yang sedang belajar jaringan, yang mempersiapkan diri mengikuti ujian CCNA, dan yang sedang mengikuti pelatihan CCNA 1. Download Artikel Konsep Subnetting disini.

* Penghitungan Subnetting
Setelah anda membaca artikel Konsep Subnetting, Siapa Takut? dan memahami konsep Subnetting dengan baik. Kali ini saatnya anda mempelajari teknik penghitungan subnetting. Penghitungan subnetting bisa dilakukan dengan dua cara, cara binary yang relatif lambat dan cara khusus yang lebih cepat. Pada hakekatnya semua pertanyaan tentang subnetting akan berkisar di empat masalah: Jumlah Subnet, Jumlah Host per Subnet, Blok Subnet, dan Alamat Host- Broadcast. Download Artikel Penghitungan Subnetting disini.

*  Pola Soal Subnetting
Soal yang menanyakan subnetmask apa yang sebaiknya digunakan dengan batasan jumlah host atau subnet yang ditentukan dalam soal. Untuk menjawab soal seperti ini kita gunakan rumus menghitung jumlah host per subnet, yaitu 2y – 2, dimana y adalah banyaknya binari 0 pada oktet terakhir subnetmask. Dan apabila yang ditentukan adalah jumlah subnet, kita menggunakan rumus 2x (cara setelah 2005) atau 2x – 2 (cara sebelum 2005), dimana x adalah banyaknya binari 1 pada oktet terakhir subnetmask.Download Pola Soal Subneting disini.
Sumber : http://romisatriawahono.net


Komentar :

ada 0 komentar ke “Subnetting”

Posting Komentar

Gunakan kotak penelusuran dibawah ini untuk mencari informasi di web (pencarian persis GOOGLE, kemudian tekan ENTER (terbuka di tab baru).
 

 

Sonic Run: Internet Search Engine Whats Your Google PageRank? Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!

 

This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Angga Leo Putra | Edited by Achmadsutanto