Kamis, 22 Oktober 2009

IT Essential 1, Chapter 1


1. TEKNOLOGI INFORMASI
 

1.0 Pendahuluan
Teknologi informasi (TI) adalah desain, pengembangan, implementasi, dukungan, dan pengelolaan perangkat keras komputer dan aplikasi perangkat lunak. Profesional TI memiliki pengetahuan tentang sistem komputer dan sistem operasi. Bab ini akan meninjau sertifikasi TI dan komponen-komponen dasar sistem komputer pribadi.


1.1 Menjelaskan Sertifikasi Industri TI
Kursus ini akan berfokus pada desktop dan laptop. Juga akan membahas perangkat elektronik, seperti personal digital assistant dan telepon seluler.
Pelatihan dan pengalaman akan memenuhi syarat untuk melayani seorang teknisi komputer ini dan perangkat elektronik pribadi. Anda akan mendapatkan keterampilan teknis khusus yang diperlukan untuk pemasangan, pemeliharaan, dan perbaikan komputer. Earning standar industri sertifikasi akan memberikan rasa percaya diri dan meningkatkan peluang Anda di bidang TI.
Kursus ini difokuskan pada dua berikut sertifikasi standar industri:

  • The CompTIA A +
  • Sertifikasi Eropa Informatika Profesional (EUCIP) IT Administrator Certification (Modul 1-3)
  • Setelah menyelesaikan bagian ini, anda akan memenuhi tujuan ini:
  • Mengidentifikasi pendidikan dan sertifikasi.
  • Menjelaskan A + Certification.
  • Menjelaskan EUCIP Sertifikasi.
1.1.1 Mengidentifikasi Pendidikan dan Sertifikasi
Teknologi Informasi (TI) adalah istilah yang mencakup hubungan antara perangkat keras, perangkat lunak, jaringan, dan bantuan teknis yang diberikan kepada pengguna. IT Essentials: PC Hardware dan Software mencakup informasi yang dibutuhkan seorang teknisi untuk berhasil di bidang TI. Kursus ini meliputi topik-topik berikut:
• komputer pribadi
• Aman prosedur laboratorium
• Masalah
• Sistem operasi
• Laptop komputer
• Printer dan scanner
• Jaringan
• Keamanan
• Komunikasi keterampilan
 

Tentu saja IT Essentials berfokus pada dua perangkat keras dan perangkat lunak industri berbasis keterampilan sertifikasi: CompTIA A + dan EUCIP. Tentu saja ini hanya sebuah pengantar ke dalam dunia IT. Seorang teknisi dapat terus belajar dan mendapatkan sertifikasi berikut:
• CCNA - Cisco Certified Networking Associate
• CCNP - Cisco Certified Networking Profesional
• CCIE - Cisco Certified Internetworking Expert
• CISSP - Certified Information Systems Security Profesional
• MCP - Microsoft Certified Professional
• MCSA - Microsoft Certified Systems Administrator
• MCSE - Microsoft Certified Systems Engineer
• Jaringan + - CompTIA Network Sertifikasi
• Linux + - CompTIA Linux Sertifikasi
TI sertifikasi dapat digunakan sebagai kredit untuk universitas dan gelar sarjana di bidang-bidang seperti ilmu komputer dan telekomunikasi.


1.1.2 Menjelaskan Sertifikasi A +


Asosiasi Industri Teknologi Komputasi (CompTIA) mengembangkan program Sertifikasi A +. Sebuah sertifikasi CompTIA A +, seperti ditunjukkan pada Gambar 1, menandakan bahwa calon adalah memenuhi syarat PC hardware dan software teknisi. Sertifikasi CompTIA dikenal di seluruh masyarakat TI sebagai salah satu cara terbaik untuk memasuki bidang teknologi informasi dan membangun karier yang solid.

A + Sertifikasi calon harus lulus dua ujian. Ujian pertama adalah CompTIA A + Essentials. Maju kedua ujian tergantung pada jenis sertifikasi yang diinginkan. Setiap maju menilai ujian keterampilan khusus di salah satu bidang berikut:
• IT Technician
• Remote Support Technician
• Depot Technician

Comptia A + Ujian - Essentials
Semua calon harus lulus sertifikasi A + Essentials Exam (220-601). Ujian meliputi keterampilan dasar yang dibutuhkan untuk menginstal, membangun, upgrade, perbaikan, mengkonfigurasi, memecahkan masalah, mengoptimalkan, mendiagnosa, dan memelihara dasar perangkat keras komputer pribadi dan sistem operasi.
CompTIA A + Exam - IT Technician
The CompTIA A + (220-602) menilai ujian pelayanan bidang teknisi. Teknisi lapangan kerja di kedua perusahaan mobile dan lingkungan teknis.
CompTIA A + Exam - Remote Support Teknisi
The CompTIA A + (220-603) menilai ujian dukungan terpencil teknisi yang bertanggung jawab untuk membantu pelanggan tanpa menyentuh fisik komputer pelanggan. Sebuah remote teknisi akan sering bekerja di sebuah pusat panggilan lingkungan di mana teknisi sistem operasi dan menyelesaikan masalah konektivitas melalui telepon atau Internet.
Seorang teknisi dukungan terpencil juga disebut bantuan-meja teknisi, panggilan-pusat teknisi, spesialis teknis, atau perwakilan teknis.
CompTIA A + Exam - Depot Teknisi
The CompTIA A + (220-604) menilai pemeriksaan teknisi stasiun. Teknisi stasiun memiliki keterbatasan interaksi dengan pelanggan dan bekerja terutama di sebuah lokakarya atau lab. Sebuah depot teknisi juga disebut bangku teknisi.


1.1.3 Jelaskan EUCIP sertifikasi

EUCIP IT Administrator yang menawarkan program sertifikasi yang diakui kompetensi di bidang TI. Mencakup sertifikasi standar yang ditentukan oleh Dewan Eropa Informatika Profesional Societies (CEPIS). IT Administrator yang EUCIP Sertifikasi terdiri dari lima modul, dengan ujian yang sesuai untuk setiap modul. Kursus ini akan mempersiapkan Anda untuk Modul 1-3.
Modul 1: Komputer Hardware
Perangkat Keras Komputer modul mensyaratkan bahwa calon makeup memahami dasar dari sebuah komputer pribadi dan fungsi dari komponen. Para calon harus dapat secara efektif mendiagnosis dan memperbaiki masalah hardware. Para kandidat harus dapat memberi saran hardware pelanggan yang tepat untuk membeli.
Modul 2: Sistem Operasi
Sistem Operasi modul yang mensyaratkan bahwa calon akrab dengan prosedur untuk menginstal dan meng-update sistem operasi paling umum dan aplikasi. Kandidat harus tahu bagaimana menggunakan alat-alat sistem untuk troubleshooting dan memperbaiki sistem operasi.
Modul 3: Local Area Network dan Network Services
Local Area Network dan Network Services modul mensyaratkan bahwa calon akrab dengan prosedur untuk menginstal, menggunakan, dan mengelola jaringan area lokal. Para calon harus dapat menambah dan menghapus user dan berbagi sumber daya. Kandidat harus tahu bagaimana menggunakan alat-alat sistem untuk troubleshooting dan memperbaiki jaringan.
Modul 4: Expert Network
Modul ini di luar cakupan IT Essentials saja, walaupun beberapa topik yang dibahas. Jaringan Ahli modul Gunakan mensyaratkan bahwa calon memahami komunikasi LAN.
Modul 5: IT Security
Modul ini di luar cakupan IT Essentials saja, walaupun beberapa topik yang dibahas. Modul keamanan TI mensyaratkan bahwa calon akrab dengan metode keamanan dan fitur yang tersedia untuk mandiri atau jaringan komputer.


1.2 Deskripsi Sistem Komputer



Sebuah sistem komputer terdiri dari komponen hardware dan software. Hardware adalah peralatan fisik seperti kasus, penyimpanan drive, keyboard, monitor, kabel, speaker, dan printer. Istilah perangkat lunak termasuk sistem operasi dan program. Menginstruksikan sistem operasi komputer bagaimana untuk beroperasi. Operasi ini mungkin termasuk mengidentifikasi, mengakses, dan memproses informasi. Program atau aplikasi yang melakukan fungsi yang berbeda. Program ini sangat bervariasi tergantung pada jenis informasi yang akan diakses atau dihasilkan. Sebagai contoh, instruksi untuk menyeimbangkan buku cek sangat berbeda dari instruksi untuk simulasi dunia maya di Internet.

Bagian berikut dalam bab ini membahas komponen perangkat keras yang ditemukan dalam sistem komputer.

1.3 Identifikasi nama, tujuan, dan karakteristik Kesing dan catu daya
Kesing komputer memberikan perlindungan dan dukungan untuk komponen internal komputer. Semua komputer membutuhkan pasokan listrik untuk mengubah arus bolak-balik (AC) daya dari stopkontak di dinding ke direct current (DC) kekuasaan. Ukuran dan bentuk dari Kesing komputer biasanya ditentukan oleh motherboard dan komponen internal lainnya.
Anda dapat memilih komputer besar kasus untuk mengakomodasi komponen tambahan yang mungkin diperlukan di masa depan. Pengguna lain dapat memilih kasus kecil yang membutuhkan ruang yang minimal. Secara umum, kasus komputer harus tahan lama, mudah layanan, dan memiliki cukup ruang untuk ekspansi.
Catu daya (Power Suply) harus menyediakan daya yang cukup untuk komponen yang sedang dipasang dan memungkinkan untuk komponen tambahan yang mungkin ditambahkan di lain waktu. Jika Anda memilih power supply yang hanya kekuatan komponen saat ini, mungkin diperlukan untuk mengganti power supply ketika upgrade komponen lainnya.


1.3.1 Menjelaskan Kesing
Sebuah Kesing komputer berisi kerangka kerja untuk mendukung komponen internal dari sebuah komputer sementara kandang untuk menyediakan perlindungan tambahan. Kesing komputer biasanya terbuat dari plastik, baja, dan aluminium dan tersedia dalam berbagai gaya.
Ukuran dan tata letak suatu Kesing disebut faktor bentuk. Ada banyak jenis Kesing, tetapi bentuk dasar faktor termasuk kesing komputer desktop dan menara. Kesing Desktop mungkin Slimline atau berukuran penuh, dan mungkin kesing2 tower mini atau berukuran penuh, seperti yang ditunjukkan pada Gambar :




Kasus komputer sebagaimana dimaksud dalam beberapa cara:
• Komputer chassis
• Kabinet
• Tower
• Box
• Perumahan


Selain memberikan perlindungan dan dukungan, kasus juga menyediakan lingkungan yang dirancang untuk menjaga komponen internal dingin. Kasus penggemar digunakan untuk memindahkan udara melalui kasus komputer. Ketika udara melewati komponen hangat, menyerap panas dan kemudian keluar kasus ini. Proses ini membuat komponen-komponen komputer dari overheating.
Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan ketika memilih suatu kasus:
• Ukuran dari motherboard
• Jumlah eksternal atau internal yang disebut lokasi drive bays
• Tersedia ruang
Lihat Gambar 2 untuk daftar fitur.
Selain memberikan perlindungan dari lingkungan, kasus-kasus membantu untuk mencegah kerusakan akibat listrik statis. Komponen internal komputer didasarkan oleh keterikatan pada kasus ini.
CATATAN: Anda harus memilih kasus yang sesuai dengan dimensi fisik power supply dan motherboard.


1.3.2 Menjelaskan Catu Daya (Power Suply)




Catu daya, yang ditunjukkan pada Gambar, mengkonversi bolak-current (AC) kekuatan yang berasal dari stopkontak ke direct current (DC) kekuasaan, yang merupakan tegangan rendah. DC daya yang dibutuhkan untuk semua komponen di dalam komputer.

Connectors
Saat ini banyak tipe konektor. Input konektor dirancang untuk dimasukkan ke dalam hanya satu arah. Setiap bagian dari konektor memiliki kawat berwarna dengan tegangan yang berbeda berjalan melalui itu, seperti yang terlihat pada Gambar. 


Konektor yang berbeda digunakan untuk menghubungkan komponen-komponen spesifik dan berbagai lokasi pada motherboard:

  • Sebuah Konektor Molex konektor adalah mengetik yang digunakan untuk menyambung ke optical drive atau hard drive.
  • Sebuah Konektor Berg adalah memasukkan konektor digunakan untuk menyambung ke sebuah floppy drive. Sebuah konektor Berg lebih kecil daripada konektor Molex.
  • A 20-pin atau 24-pin konektor slot digunakan untuk menghubungkan ke motherboard. The 24-pin konektor slot memiliki dua baris dari 12-pin masing-masing, dan 20-pin konektor slot memiliki dua baris dari 10-pin masing-masing.
  • Sebuah 4-pin untuk 8-pin konektor daya tambahan memiliki dua baris dua sampai empat pin dan pasokan listrik ke seluruh area motherboard. 4-pin untuk 8-pin konektor daya tambahan adalah bentuk yang sama seperti konektor daya utama, tapi lebih kecil.
  • Lebih lama pasokan listrik standar menggunakan dua konektor yang disebut P8 dan P9 untuk menyambung ke motherboard. P8 dan P9 yang unkeyed konektor. Mereka bisa diinstal mundur, berpotensi merusak motherboard atau catu daya. Mengharuskan instalasi konektor berjajar dengan kabel hitam bersama-sama di tengah.
CATATAN: Jika Anda memiliki waktu yang sulit memasukkan konektor, coba cara yang berbeda, atau periksa untuk memastikan bahwa tidak ada pin bengkok atau benda asing di jalan. Ingat, bila tampaknya sulit untuk plug-in setiap kabel atau bagian lain, ada sesuatu yang salah. Kabel, konektor, dan komponen dirancang untuk memenuhi bersama pas. Jangan pernah memaksa atau konektor setiap komponen. Konektor yang ditancapkan di salah akan merusak steker dan konektor. Luangkan waktu Anda dan pastikan bahwa Anda menangani hardware dengan benar.
Listrik dan Hukum Ohm
Ini adalah empat unit dasar listrik:
• Voltase (V)
• Current (I)
• Power (P)
• Resistance (R)


Tegangan, arus, kekuatan, dan resistensi istilah elektronik bahwa seorang teknisi komputer harus mengetahui:

  • Voltase adalah ukuran gaya yang dibutuhkan untuk mendorong elektron melalui sirkuit.
  • Tegangan diukur dalam volt (V). Power supply komputer biasanya menghasilkan beberapa tegangan yang berbeda.
  • Current adalah ukuran dari jumlah elektron melalui sirkuit.
  • Current diukur dalam ampere, atau amp (A). Catu daya komputer memberikan amperages berbeda untuk masing-masing tegangan keluaran.
  • Power adalah ukuran dari tekanan yang diperlukan untuk mendorong elektron melalui sirkuit, disebut tegangan, dikalikan dengan jumlah elektron akan melewati sirkuit, yang disebut arus. Pengukuran disebut watt (W). Catu daya komputer dinilai dalam watt.
  • Resistensi adalah perlawanan terhadap aliran arus dalam sebuah rangkaian. Perlawanan diukur dalam ohm. Memungkinkan lebih banyak resistensi yang lebih rendah saat ini, dan karena itu lebih kekuasaan, mengalir melalui rangkaian. Sekering yang baik akan memiliki resistansi rendah atau pengukuran hampir 0 ohm.
Ada persamaan dasar yang mengungkapkan bagaimana tiga istilah yang berhubungan satu sama lain. Ini menyatakan bahwa tegangan adalah sama dengan arus dikalikan dengan perlawanan. Hal ini dikenal sebagai Hukum Ohm.
V = IR
Dalam sistem listrik, daya (P) adalah sama dengan tegangan dikalikan arus.
P = VI


Dalam sebuah rangkaian listrik, meningkatkan arus atau tegangan akan menghasilkan kekuatan yang lebih tinggi.
Sebagai contoh tentang bagaimana ini bekerja, bayangkan sebuah rangkaian sederhana yang memiliki bola lampu 9 V dihubungkan dengan sebuah baterai 9-V. Output daya bola lampu adalah 100-W. Dengan menggunakan persamaan di atas, kita dapat menghitung berapa banyak arus di ampli akan diperlukan untuk mendapatkan 100-W dari 9-V ini bohlam.


Untuk menyelesaikan persamaan ini, kita tahu informasi berikut:
• P = 100 W
• V = 9 V
• Aku = 100 W / 9 V = 11,11 A
Apa yang terjadi jika baterai 12-V dan 12-V bola lampu digunakan untuk mendapatkan 100 W kekuasaan?
100 W / 12 V = 8,33 ampli
Sistem ini menghasilkan kekuatan yang sama, tetapi dengan sedikit arus.
Komputer biasanya menggunakan catu daya mulai dari 200-W to 500-W. Namun, beberapa komputer mungkin perlu 500-W-W 800 pasokan listrik. Ketika membangun sebuah komputer, pilih power supply dengan daya yang cukup untuk kekuatan semua komponen. Memperoleh informasi watt untuk komponen-komponen dari produsen dokumentasi. Ketika memutuskan pada power supply, pastikan untuk memilih power supply yang memiliki lebih dari cukup daya untuk komponen saat ini.


PERHATIAN: Jangan membuka power supply. Kapasitor elektronik yang terletak di dalam power supply, ditunjukkan dalam Gambar 3, dapat mengadakan biaya untuk waktu yang lama.

1.4 Mengidentifikasi Nama, tujuan, dan karakteristik komponen internal
Bagian ini membahas nama-nama, tujuan, dan karakteristik dari komponen internal dari sebuah komputer.

1.4.1 Mengidentifikasi nama, tujuan, dan karakteristik dari motherboard


Motherboard adalah papan sirkuit tercetak utama dan berisi bus, atau jalur listrik, ditemukan dalam sebuah komputer. Bus ini memungkinkan data untuk perjalanan antara berbagai komponen yang meliputi komputer. Gambar 1 menunjukkan berbagai motherboard. Sebuah motherboard ini juga dikenal sebagai sistem board, backplane, atau papan utama.
Menampung motherboard central processing unit (CPU), RAM, slot ekspansi, heat sink / kipas perakitan, chip BIOS, chip set, dan kabel yang tertanam interkoneksi komponen motherboard. Soket, konektor internal dan eksternal, dan berbagai pelabuhan juga ditempatkan pada motherboard.
Faktor bentuk motherboard berkenaan dengan ukuran dan bentuk papan. Ini juga menggambarkan layout fisik dari berbagai komponen dan perangkat pada motherboard. Berbagai faktor bentuk yang ada untuk motherboard, seperti yang ditunjukkan pada Gambar 2.


Sebuah set komponen penting pada motherboard adalah chip set. Chip set terdiri dari berbagai sirkuit terpadu yang melekat pada motherboard yang mengendalikan cara berinteraksi dengan perangkat keras sistem CPU dan motherboard. CPU diinstal ke dalam slot atau soket pada motherboard. Soket di motherboard menentukan jenis CPU yang dapat diinstal.

Chip set dari sebuah motherboard memungkinkan CPU untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan komponen lain dari komputer, dan untuk bertukar data dengan memori sistem, atau RAM, hard disk drive, kartu video, dan perangkat keluaran lainnya. Chip set menetapkan berapa banyak memori yang dapat ditambahkan ke motherboard. Chip set juga menentukan jenis konektor pada motherboard.

Kebanyakan chip set dibagi menjadi dua komponen yang berbeda, Northbridge dan Southbridge. Apa masing-masing komponen tersebut bervariasi dari produsen ke produsen, tetapi secara umum Northbridge mengontrol akses ke RAM, video card, dan kecepatan di mana CPU dapat berkomunikasi dengan mereka. Kartu video kadang-kadang diintegrasikan ke Northbridge. The Southbridge, dalam banyak kasus, memungkinkan CPU untuk berkomunikasi dengan hard drive, kartu suara, USB port, dan I / O port.


1.4.2 Menjelaskan nama, tujuan, dan karakteristik CPU
The central processing unit (CPU) adalah dianggap sebagai otak komputer. Hal ini kadang-kadang disebut sebagai prosesor. Kebanyakan perhitungan terjadi di CPU. Dalam hal daya komputasi, CPU adalah unsur yang paling penting dari sebuah sistem komputer. CPU datang dalam faktor bentuk yang berbeda, masing-masing gaya tertentu memerlukan slot atau soket pada motherboard. Produsen termasuk common CPU Intel dan AMD.

CPU socket atau slot konektor yang antarmuka antara motherboard dan prosesor itu sendiri. Kebanyakan soket CPU dan prosesor yang digunakan saat ini dibangun di sekitar pin grid array (PGA) arsitektur, di mana pin pada bagian bawah prosesor yang dimasukkan ke dalam soket, biasanya dengan nol kekuatan penyisipan (ZIF). ZIF mengacu pada jumlah gaya yang dibutuhkan untuk menginstal sebuah CPU ke motherboard soket atau slot. Slot berbasis prosesor adalah berbentuk cartridge dan masuk ke dalam sebuah slot yang terlihat mirip dengan sebuah slot ekspansi. Gambar 1 daftar Common soket CPU spesifikasi.

CPU mengeksekusi sebuah program, yang merupakan urutan instruksi yang tersimpan. Setiap model prosesor memiliki set instruksi yang dijalankan. CPU mengeksekusi program dengan setiap bagian pengolahan data sebagaimana diarahkan oleh program dan set instruksi. Sementara CPU mengeksekusi satu langkah dari program, yang tersisa instruksi dan data yang disimpan di dekatnya dalam memori khusus yang disebut cache. Ada dua arsitektur CPU utama yang berkaitan dengan set instruksi:

  • Reduced Instruction Set Computer (RISC) - Arsitektur menggunakan relatif kecil set instruksi, dan chip RISC dirancang untuk mengeksekusi instruksi-instruksi ini sangat cepat.
  • Complex Instruction Set Computer (CISC) - Arsitektur menggunakan set instruksi yang luas, sehingga lebih sedikit langkah per operasi.
Hyperthreading menggabungkan beberapa CPU untuk meningkatkan kinerja CPU. Dengan Hyperthreading, CPU memiliki beberapa potongan kode yang dijalankan secara bersamaan pada masing-masing pipa. Untuk sistem operasi, sebuah CPU dengan Hyperthreading tampaknya dua CPU.
Kekuatan CPU diukur dengan kecepatan dan jumlah data yang dapat diproses. Kecepatan CPU dinilai dalam siklus per detik. Kecepatan CPU yang sekarang diukur dalam jutaan siklus per detik, yang disebut megahertz (MHz), atau milyaran siklus per detik, yang disebut gigahertz (GHz). Jumlah data yang dapat memproses CPU pada satu waktu tergantung pada ukuran data bus prosesor. Ini juga disebut CPU bus atau front side bus (FSB). Prosesor yang lebih luas lebar bus data, semakin kuat prosesor ini. Prosesor saat ini memiliki 32-bit atau 64-bit data bus.

Overclocking adalah suatu teknik yang digunakan untuk membuat processor bekerja pada kecepatan yang lebih cepat dari spesifikasi aslinya. Overclocking bukan cara yang dapat diandalkan untuk meningkatkan kinerja komputer dan bisa mengakibatkan merusak CPU.

MMX adalah satu set instruksi multimedia yang dibangun ke prosesor Intel. Diaktifkan mikroprosesor MMX dapat menangani banyak Common operasi multimedia yang biasanya ditangani oleh suara yang terpisah atau video card. Namun, hanya perangkat lunak terutama yang ditulis untuk memanggil instruksi MMX dapat mengambil keuntungan dari set instruksi MMX.

Teknologi prosesor terbaru telah mengakibatkan produsen CPU menemukan cara untuk memasukkan lebih dari satu CPU core ke sebuah chip tunggal. Banyak CPU mampu memproses instruksi beberapa merangkap:

  • Single Core CPU - Satu inti di dalam satu chip CPU yang menangani semua kemampuan pengolahan. Sebuah motherboard soket produsen dapat menyediakan lebih dari satu prosesor tunggal, menyediakan kemampuan untuk membangun yang kuat, multi-prosesor komputer.
  • Dual Core CPU - Dua inti di dalam satu chip CPU di mana kedua core dapat memproses informasi pada waktu yang sama.
Berlanjut ke bagian 2 >>>>>

Komentar :

ada 0 komentar ke “IT Essential 1, Chapter 1”

Posting Komentar

Gunakan kotak penelusuran dibawah ini untuk mencari informasi di web (pencarian persis GOOGLE, kemudian tekan ENTER (terbuka di tab baru).
 

 

Sonic Run: Internet Search Engine Whats Your Google PageRank? Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!

 

This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Angga Leo Putra | Edited by Achmadsutanto